Pages

Saturday, March 20, 2010

Dewasa gak sih?


Gw selalu bertanya-tanya apa sih dewaasa itu? ukuran kedewasaan itu gimana sih? hmm pastinya subjective karena kedewasaan itu susah diukur. Belum liat tes psikologi yg bener-bener diakui n valid ngukur kedewasaan :D..

Jujur, banyak yang bilang gue lambat dewasa alias masi kaya anak-anak :( sebel juga sih dibilang gitu tapi kenyataan emang iya huuuh...
ga tau dari mana mereka ukur gue ga dewasa..

secara wajahkah? baguslah berarti gue masi keliatan muda ;P...
secara tingkah laku? yah mungkin gue terlalu biasa dgn penampilan gue, kurang mature gayanya..

secara pikiran? hmm agak susa krn gue bisa berpikir n ngobrol sama yg lebih muda bukan krn gaya pikir gue sama dgn mereka, tapi gue bisa ngobrol juga kok sama yg lebih tua asal gak terlalu berat bahan obrolannya kadang malah gue rasa gaya pikir gue bisa seimbang dgn orang yg 30 an ..

Menurut gw n dari pengalaman berinteraksi dgn orang-orang, kita bisa liat kedewasaan itu dari:


1. cara bicara - keliatan dari cara bicara kita gak intelek gak sesuai umur~ udah bangkotan ngomongnya masi cengeng ..terus kalo ditanya sesuatu cengengesan, plin plan...

2. egois! siapa sih yang ga pernah egois? hmm kalo orang udah dewasa seharusnya kurangi rasa egois..jangan maksa orang buat nurutin kemauan lu..
kalo orang gak mau ikut lu buat jalan, buat nonton, buat shopping, bantuin lu bikin tugas, bikinin lu makanan-minuman...jangan maksa! (kesannya lagi marah-marah nih gw hehe )
perlu diinget orang lain juga punya kesibukan n urusan sendiri & mungkin lebih penting dari kemauan-kemauan lu. Sebaiknya tanya alasan kenapa sahabat atau temen lu gak mau ikut atau bantuin lu dan cobalah untuk mengerti..
tips :
banyak-banyak empati, put yourself in somebody's shoes.

3. lari dari masalah.
Bisa dibilang kurang tanggung jawab dan cenderung kabur atau menghindar kalo udah gak bisa handle itu masalah. terkadang masalah itu tercipta dari hasil kelakuan kita istilahnya kita yang mencari itu masalah. Misalnya, lu dapet bagian buat tugas kelompok tapi males terus udah hari H semua orang udah tunggu n siap semua, tinggal lu yang cuek-cuek malah lupa lagi kalo ada tugas! (pengalaman pas di kampus), nah jadi masalah kan?
Contoh lain, suami istri ada masalah bukannya cari jalan atau komunikasi baik-baik, malah saling nyalahin dan jelek-jelekin. padahal mungkin masalahnya cuma sepele.
tanggung jawab itu banyak macem tergantung peran apa yang kita punya. tanggung jawab sbg warga negara, sebagai anak, pacar, murid, karyawan , boss, suami, istri n banyak lagi..

tips: tanggung jawab bisa dilatih dari hal-hal kecil. Walopun kita bebas krn secara umur udah gede layaknya orang dewasa n dikasi kebebasan tapi tetep harus tanggung jawab yang berarti harus berani nanggung resiko sendiri. jangan udah ada masalah berat baru lari ke orang tua .. :)(kasian kan orang tua udah tua ditambahin beban lagi).

4. dependen/ gak mandiri (apa-apa gak bisa, apa-apa nanya).

seiring menuju dewasa mendingan pinter-pinter urus diri (hmm gue juga lemah di bagian sini nih hehe...tp sekarang udah lebih mending). makan sendiri, cuci baju sendiri, ya urusan basic gitu deh..heheh...urusan-urusan sepele juga jangan byk mengeluh~ usaha dulu se-maXimum yang lu bisa.
mau jadi mandiri emang agak sulit apalagi soal ambil keputusan. jadi seiring perjalanan menuju kedewasaan, kita harus berani ambil keputusan sendiri dan tau baik n buruk nya atas keputusan kita.

5. Think wise

proses menuju kedewasaan memang tidak mudah. Semakin berumur orang yang menuju dewasa akan berpikir lebih bijak. Bijak secara emosi, bijak secara tindakan dan bijak secara pikiran.

Bijak secara EMOSI berarti bisa mengendalikan emosi kita, gak mudah terpancing sama hal-hal kecil dan kemudian menyakiti hati orang lain terutama orang yang kita sayang.

Bijak secara TINDAKAN, bukan berarti dengan gaya yang gaya orangtua BIJAK hehe...tapi bertindak yang benar dengan perduli dengan kepentingan orang lain dan sayang sama diri sendiri. Misalnya, kita berpikir apa yang bisa kita lakukan buat generasi ke depan dengan hal-hal simpel. Jangan sia-siakan waktu dan masa muda dengan tindakan yang gak berarti.

Bijak secara PIKIRAN, ini gak mudah karena kita harus terus berlatih dan sensitif dengan apa yang terjadi di lingkungan sekitar kita. Melihat apa yang terjadi dan merefleksikan ke diri kita. Saatini berada di titik poin manakah kita? Apa yang ingin kita capai dan bisa kita lakukan? Apa yang bisa kita pelajari dari pengalaman dan apa yang kita lihat? berpikirlah secara positif.


Last but not least, kedewasaan itu bukan sekedar umur tapi dari pola pikir kita~

comments & feedback are welcome.

kalo kepikiran dapet ilham baru update lagi .. :)

cheers!

4 comments:

yuniarinukti said...

Ih, ga percaya banget klo Mba Devi dibilang belum dewasa, kenyataannya postingannya buatku sangat dewasa...

Delia said...

mbak devi (manggil mbak aja ya biar kelihatan dewasanya )....

aq jadi ingat seseroang berkata :
menjadi tua itu pasti.. menjadi dewasa itu pilihan... :)
so.. buatku ada saatnya menjadi kekanak2an menguntungkan.. :D hehehe...
bukan semua orang bisa dikatakan muda.... bersyukur kita gk dibilang MUTU (muka tua :P wekekek) ...

Tapi aq percaya kok mbak devi percaya banget...

Mahesa Pandu said...

Artikelnya melahirkan pemikiran...
Aku sudah dewasa belum ya? Dari umur sih sdh, tp kadang kekanak-kanakan juga. Tp kayaknya penting juga untuk sekali wktu meluangkan diri untuk tidak menolak menjadi kanak-kanak, seorang kanak-kanak selalu ingin belajar menjadi dewasa. Sebaliknya seorang dewasa selalu mencibir dan meremehkan kanak-kanak.

Nice Post...

Deph said...

hi temen-temen
baru nyadar nih dapet comments haha...masih gaptek dalam dunia blog-blog an...

buat Yuni: makasi ui pujiannya :D

Delia: bener mbak tergantung mau milih yang mana haha...mu kekanak-kanakan boleh.. kedewasaan boleh...
tapi kayanya mendingan sedeng-sedeng deh porsinya ada sisi kanak-kanak & dewasa juga. jgn over ya gak? haha

Mahesa: haha gak apa-apa lagi masih kekanak-kanakan ..semua orang dewasa juga ada sisi kanak-kanak. sayangnya anak-anak sekarang banyak yg terlalu cepet dewasa. ditanya permainan masa kecil apa? gak punya. mainnya Hp sekarang :(

thank you all